Monday, August 7, 2017

Berangkat Haji hanya dengan 100.000?? Bisa... (Bagian Pertama)



Berawal dari Mimpi, Langsung Beraksi

Saat saya kuliah, saya sempat “menyimpan” mimpi ingin berangkat haji di usia muda. Rasanya indah sekali jika saya bisa melihat kabah, mengunjungi makam Rasulullah Saw saat saya masih muda dan kuat untuk berpetualang. Saya ingin, travelling pertama saya adalah ke Mekah. Sebenarnya, awalnya saya ingin menunaikan umroh Ramadhan, yang pahalanya sama dengan haji. Tapi setelah berkonsultasi dengan mamah dan seorang ustadz di Tasik, sebaiknya saya menunaikan ibadah wajib dulu sebelum ibadah sunnah. Maka saya pun mulai bermimpi untuk berhaji. Saya lulus kuliah tahun 2000. Langsung hijrah ke Tangerang untuk membantu menjalankan usaha orangtua. Dan saya mulai menyebarkan lamaran kerja ke beberapa sekolah untuk mengajar. Alhamdulillah saya resmi bekerja di tahun 2001.

Saat saya bekerja di tahun 2001 dengan pendapatan sekitar 500.000 rupiah, hal pertama yang saya fikirkan adalah membuka tabungan haji. Saya mencari informasi dulu dari beberapa sumber, karena saat itu belum banyak bank yang membuka produk tabungan haji. Baru pada tahun 2002 lah saya mendatangi bank untuk mewujudkan mimpi saya. Saat itu, saya ingat bank syariah yang baru ada hanyalah Bank Muamalat. 

Saat saya datangi bank itu, saya ditanya security tentang keperluan saya kesana, saya jawab saya ingin membuka tabungan haji. Lalu saya dipersilakan mendatangi bagian Customer Service (CS). Maka terjadilah percakapan berikut,

CS        : Ada yang bisa dibantu, Bu?

Saya     : Saya mau membuka tabungan haji, mba...

CS        : Mba mau berangkat haji tahun berapa?

Saya     : Saya ga tau mba berangkatnya tahun berapa

CS        : Kalau mba memberitahu kapan ingin berangkat hajinya, nanti saya buatkan simulasinya sehingga diketahui nanti berapa yang harus ibu bayar perbulan nya.


(saya langsung berfikir, rasanya kalo pengen cepet berangkat, saya tak kan sanggup membayar cicilannya, akhirnya...

Saya     : Mba, bisa ga saya hanya menabung per bulan, saya tak peduli berangkat nya tahun berapa, tapi saya tau saya akan rutin menabung per bulan walau tak banyak.

CS        : boleh bu, memang ibu mau nabung berapa per bulannya?

Saya     : Hanya 100.000, mba

Tampaknya si mba nya kebingungan ga jelas, ini ko dengan menabung 100 ribu pengen berangkat haji

CS        : Baiklah bu, saya proses dulu ya...

Saya     : Makasih mba

CS        : Mba, setelah saya hitung, jika mba menabung seratus ribu rupiah per bulan, maka mba bisa berangkat haji 20 tahun mendatang..

Saya     : iya mba ga papa...


(sambil saya mikir, 20 tahun saya sudah setua apa, tapi ga papa yang penting niat kuatlah yang akan mempermudah prosesnya). Bismillah saja...

Bersambung

Tulisan ini diikutkan dalam seleksi Kisah Haji dan Umroh
Mohon doanya

Senin, 070817.15.45

#odopfor99days#semester2#day54

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit